24 September 2013

Success Strory : Citibank, Implementing Data Warehousing

Citibank ingin menyediakan fasilitas bagi pelanggan yang dapat memberikan kemampuan untuk mengakses rekening bank mereka melalui ponsel atau akun email dan menerima berita terbaru dan harga saham mana saja diseluruh dunia. Sebagai solusinya, Citibank telah menggunakan Sybase 365, layanan yang dipersembahkan oleh Sybase dan Citibank mengoperasikannya di 16 negara sampai saat ini dengan nama Citibank Alerts.

Citibank Alerts : Perbankan Wireless di Eropa , Timur Tengah , dan Asia Pasifik.
Bayangkan jika Anda adalah pelanggan perbankan disalah satu kota besar di Asia. Anda ingin melacak semua kegiatan keuangan yang menarik bagi Anda, belum lagi kegiatan perbankan yang secara langsung mempengaruhi keuangan Anda dan keluarga Anda. Tapi siapa yang memiliki waktu untuk melacak bahwa jumlah informasi yang sebegitu banyaknya itu? Atau untuk terus memantau saham dan obligasi Anda anggap menarik ? Siapa yang memiliki waktu untuk menggali informasi berita keuangan seperti itu yang dapat membantu membuat keputusan tentang investasi yang dianggap penting?

 
Citibank telah menemukan cara untuk mempertahankan pelanggan dalam cara yang mudah, cara yang non-invasive, hanya informasi yang Anda inginkan akan dikirimkan kepada Anda . Dan itu semua terjadi melalui ponsel Anda. Hal ini disebut Citibank Alerts, sebuah layanan pesan SMS gratis ke semua pelanggan Citibank (Citibank Alerts juga dapat dikirimkan melalui email).

Citibank merupakan salah satu grup perbankan terbesar dunia di Asia. Citibank telah beroperasi selama 100 tahun terakhir di 14 negara Asia, dan memiliki hampir hampir 30.000 karyawan. Mereka mengamati kebutuhan untuk perluasan usaha mereka, basis pelanggan global mereka dan memutuskan bahwa mereka dapat melayani pelanggan secara terbaik dengan menyajikan informasi penting yang diperlukan untuk membuat keputusan investasi yang cepat dan akurat. Awalnya layanan ini diluncurkan pada jaringan yang berbasis di Singapura, layanan Citibank Alerts sekarang tersedia di 16 negara di seluruh Asia, Eropa, dan Timur Tengah diantaranya: Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Hong Kong, Thailand, Rusia, Hongaria, Turki , Italia , Inggris, Jerman, Spanyol, Pakistan, Uni Emirat Arab, dan Mesir .

Dengan menggunakan website Citibank, nasabah Citibank dapat mendaftar untuk menerima peringatan di ponsel atau email mereka terkait dengan kegiatan pengeluaran mereka dan aktivitas perbankan, serta gerakan terbaru di NASDAQ, New York Stock Exchange, dan Bursa Efek Singapura.

Pelanggan diizinkan untuk memilih hingga sepuluh saham yang dapat mereka terima melalui SMS mobile. Saham ini dapat dipantau dan dipicu setiap saat, dan pelanggan memilih dari berbagai pilihan untuk memantau pergerakannya : kenaikan, penuruan, persentase kenaikan , persentase penurunan, penutupan dihari kemarin, dan sebagainya. Pelanggan juga dapat memilih frekuensi dan jenis peringatan.

Citibank menggunakan layanan mobile dan salah satu raksasa software dunia, Sybase 365, untuk mendukung kegiatannya berjalan mulus, pengiriman peringatan SMS secara real-time melalui semua operator seluler di seluruh negara. Waktu adalah hal terpenting untuk menjamin keberhasilan layanan ini dan Sybase 365 memberikan setiap peringatan SMS secara cepat.
 
Permasalahan dalam penerapan data warehouse:
  1.  Dalam penerapan data warehouse, banyak faktor yang harus diperhatikan. Apa saja kah itu? -- Kecepatan penyajian data dan informasi, keakuratan data yang disajikan dan waktu penyajian informasi yang dibutuhkan.
  2. Umumnya kecepatan menyediakan data dan informasi merupakan kebutuhan mendasar bagi para pengguna sistem informasi, dan masih terbilang banyak penyedia sistem yang tidak menyadari hal ini. Bagaimana cara menyajikan informasi yang cepat yang sesuai dengan keinginan pengguna? -- Dengan memperhatikan kebutuhan pengguna dalam pengaksesan data yang diperlukannya, pihak penyedia data dapat membentuk suatu cara penampilan data yang tidak terlalu rumit namun mudah dipahami.
  3. Keakuratan dan keamanan data menjadi faktor penting dalam penyajian data dalam data warehouse mengingat banyaknya data yang harus ditangani. Bagaimana cara penyajian data yang sesuai dengan kriteria tersebut? -- Pihak penyedia data harus teliti dalam menampilkan data yang diminta oleh pengguna, menyajikan data sesuai yang diperlukan dan tanpa dilebihkan ataupun dikurangi. Sehingga minimal keamanan dan keakuratan data yang disajikan akan terbilang terpenuhi.
Sumber : http://sybase.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar